PENAJAM – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dinilai bakal banyak memberikan dampak positif.

Salah satu dampaknya yakni bisa mengurangi angka pengangguran seiring dengan hadirnya pembangunan IKN Nusantara dan investor yang berinvestasi di Benuo Taka.

Wakil Ketua Komisi I DPRD PPU Irawan menjelaskan bahwa cukup banyak proyek pembangunan IKN Nusantara yang telah berjalan. Tentunya, hal tersebut bakal membutuhkan tenaga kerja.

“Pengerjaan proyek IKN kan tentu membutuhkan tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di PPU,” jelasnya, Rabu (12/10/2022).

Pembangunan bendungan Sepaku – Semoi merupakan salah satu proyek yang meyerap tenaga kerja lokal (Dok PUPR)

Masyarakat di PPU dianggap tidak bakal kesulitan dalam terlibat dalam setiap pembangunan IKN Nusantara karena pemerintah daerah dan pusat telah memberikan pelatihan.

Seluruh elemen diminta mengikuti program pelatihan yang telah jalankan sehingga dapat meningkatkan kemampuan atau skill.

“Tenaga kerja lokal yang diberi pelatihan itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja IKN,” katanya.

Ditambahkannya, warga PPU diharapkan tifak hanya diberi kesempatan bekerja di pembangunan IKN, juga diberikan kesempatan untuk masuk dalam struktur Badan Otorita IKN.

Tim Redaksi PenaKaltim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *