PENAJAM – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam, memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 di halaman Kantor Bupati PPU, Sabtu (01/10/2022).

Tampak hadir dalam upacara tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, Kepala Perangkat Daerah PPU, serta perwakilan perangkat daerah, Polres PPU, Kodim 0913/PPU, dan organisasi masyarakat sebagai peserta upacara.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 mengangkat tema Bangkit Bergerak Bersama Pancasila. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Kapten Inf. Martinus Aluy dari Kodim 0913/PPU.

Dalam upacara peringatan tersebut, Hamdam selaku Inspektur Upacara membacakan teks Pancasila diikuti oleh segenap peserta upacara. Tak lupa, pembacaan naskah Ikrar Kesaktian Pancasila dilakukan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra,Sodikin, yang menyatakan untuk membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selepas upacara Hamdam mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya dalam rangka mengingatkan kembali diri masing-masing sebagai warga negara untuk terus menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Karena Pancasila itu sudah harga mati sebagai dasar negara dan sudah kita nikmati manfaatnya, mampu mempersatukan bangsa,” ucapnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila digelar secara serentak di seluruh Indonesia dengan mengadakan upacara di pusat maupun daerah. Selepas pelaksanaan upacara di halaman Kantor Bupati PPU, Hamdam beserta Sekda PPU, Tohar, dan Forkopimda PPU melanjutkan kegiatan dengan mengikuti upacara peringatan secara virtual dengan Pemerintah Pusat di aula lantai III, Kantor Bupati PPU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *