PENAJAM – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam, menghadiri rapat paripurna tentang Penyampaian Laporan Nota Penjelasan Dan Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023 di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten PPU, Jumat (30/09/2022).

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD PPU Syahrudin M. Noor yang didampingi oleh Wakil Ketua I DPRD PPU Raup Muin, serta dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten PPU, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Perangkat Daerah dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Plt Bupati PPU Hamdam menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada unsur Pimpinan serta anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, yang telah memberikan atensi dan dukungan kepada Pemerintah Daerah dalam proses penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2023.

”Kita ketahui bersama, bahwa tahun 2023 merupakan tahun akhir untuk masa jabatan kepala daerah periode 2018 – 2023, sehingga menjadi komitmen Pemerintah Daerah agar Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 dapat mencicil atau menuntaskan target pembangunan daerah sebagaimana tertuang dalam dokumen RPJMD 2018 – 2023,” ujarnya.

Lanjut Hamdam, Kebijakan Pendapatan Daerah, maupun Kebijakan Belanja Daerah dan Pembiayaan Daerah Tahun 2023, disampaikan bahwa belum seluruhnya belanja yang bersifat wajib dapat terakomodir disebabkan keterbatasan pendapatan daerah.

”Namun untuk belanja mandatory telah dialokasikan sesuai ketentuan perundang-undangan dan kebutuhan masing-masing SKPD, walaupun dalam batas minimal,”jelasnya.

Hamdam menambahkan, dengan keterbatasan anggaran yang ada, saya berharap kiranya dapat dimaksimalkan untuk merespon belanja program prioritas yang dibutuhkan masyarakat dan unsur pelaksana penyelenggara pemerintahan.

Diakhir sambutannya Hamdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan Pimpinan SKPD serta semua pihak yang telah bekerja dan berusaha dengan optimal sehingga dapat menyelesaikan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023, sehingga Nota Keuangan ini dapat disampaikan pada hari ini.

”Tentu menjadi harapan kita bersama rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 ini, sekiranya dapat dilakukan pembahasan dalam suasana kebersamaan, semata-mata untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, baik itu Kebijakan Pendapatan Daerah, maupun Kebijakan Belanja Daerah dan Pembiayaan Daerah benar-benar dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan demi kelancaran penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Penajam Paser Utara,”pungkasnya. (Diskominfo/mad/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *