PENAJAM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) meminta pemerintah daerah dapat memberikan wadah pemasaran bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten setempat.

Anggota DPRD PPU, Sudirman mengatakan dalam meningkatkan perekonomian daerah khususnya bagi pelaku UMKM, pemerintah daerah perlu ada beberapa terobosan dari pemda PPU yang tepat dan terukur agar para pelaku UMKM dapat bergeliat kembali.

Salah satunya dengan memberikan program pelatihan-pelatihan dan wadah pemasaran bagi para pelaku UMKM.

“Pemerintah daerah harus memfasilitasi dengan memberikan pelatihan, tapi jangan mandek dipelatihan saja. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga harus bisa membantu memasarkan produk UMKM-nya,” ujarnya.

Bonimin, salah satu pelaku UMKM di PPU yang mengolah Gula Aren

Menurut Sudirman, pemerintah daerah belum memberikan wadah pemasaran bagi parah pelaku usaha untuk memasarkan produk UMKM lokal. Sementara pelaku usaha di Kabupaten PPU terbilang cukup banyak, namun belum banyak yang bisa memasarkan produknya.

“Kalau hanya menciptakan produk saya pikir masyarakat bisa. Asalkan ada pelatihan, tapi hasil produknya bakal dipasarkan dimana, ini dibutuhkan tempat memasarkan produknya,” ujarnya.

Ia berharap pemerintah daerah khususnya bagi OPD terkait agar dapat memberikan wadah pemasaran bagi pelaku-pelaku usaha yang ada di Kabupaten PPU agar perputaran ekonomi di wilayah ini semakin menggeliat. (Adv/mad/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *