PENAJAM – Kerjasama antara Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) bakal segera terwujud.

Hal ini setidaknya terungkap saat jajaran Pemerintah Kabupaten PPU melakukan kunjungan kerja ke kabupaten ini dalam rangka pembahasan lebih lanjut terkait kerjasama kedua daerah itu, Senin, (27/6/2012) kemarin.

”Sebelumnya Pemkab Donggala juga telah berkunjung ke Kabupaten PPU terkait kerjasama ini. Dalam waktu dekat Pemkab Donggala akan kembali ke PPU dalam rangka penandatanganan MoU terkait kerjasama ini yang akan digelar di lokasi Titik Nol kawasan Ibukota Negara (IKN) di Sepaku, ” kata Hamdam.

Dikatakan Hamdam bahwa Donggala bagi PPU sudah tidak asing lagi. Salah satunya karena sejumlah kebutuhan daerah seperti bahan material batu gunung dan sejumlah kebutuhan lainnya selama ini juga didatangkan dari wilayah Donggala dan sekitarnya.

Tambahnya, Donggala juga memiliki sejumlah potensi lainnya yang dapat dijalin kerjasamanya dengan PPU seperti peternakan sapi donggala yang selama ini sudah sangat dikenal di Indonesia, kemudian dari sektor perikanan dan pariwisatanya juga sangat memungkinkan dilakukan kerjasama dengan PPU.

Alasan lainnya untuk kerjasama itu juga karena jarak antara Donggala dan Kabupaten PPU yang tidak terlalu jauh sehingga memudahkan kedua daerah untuk saling mengirimkan barang dari daerahnya masing-masing.

”Sejauh ini memang telah ada sejumlah daerah menawarkan kerjasama kepada kami. Namun kerjasama itu tentunya akan kita laksanakan dengan berbagai pertimbangan yang jelas salah satunya potensi daerah memang ada dan mendukung untuk dikerjasamakan bagi kemajuan kedua daerah ini, “kata Hamdam.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Bupati Donggala, Kasman Lassa dalam sambutannya banyak menyampaikan tentang sejumlah potensi kekayaan alam yang ada di Kabupaten Donggala. Hal itu kata dia sangat memungkinkan untuk menjalin kerjasama antara kedua daerah khususnya dalam rangka pembangunan Ibukota Negara (IKN) baru di Kabupaten PPU.

”Sejauh ini banyak daerah di Indonesia telah membeli batu dari Donggala. Kami berharap kerjasama dengan Kabupaten PPU nantinya dapat berjalan dengan baik, sehingga Donggala dapat ikut berperan dalam pembangunan IKN yang baru, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan batu gunungnya di sana, ” harap Kasman Lassa.

Saat berkunjung kesalah satu peternakan sapi Donggala bersama jajaran Pemkab PPU, Kasman Lassa mengatakan bahwa banyak daerah telah melakukan percontohan pengembangan sapi daerahnya. Karena menurutnya sapi di Donggala itu memang memiliki keunggulan yang banyak. Salah satunya ukuran tubuh yang lebih besar dan mudah dalam perawatannya.

” Kelebihan sapi-sapi Donggala inilah salah satunya yang akan kita tawarkan kepada PPU untuk dikembangkan di sana, “ucapnya.

Sementara itu terkait Kabupaten Donggala Kasman Lassa mengatakan bahwa secara administratif Kabupaten Donggala terdiri dari 16 kecamatan dengan 158 desa, 9 kelurahan dan 2 masih berstatus Unit Pemukiman Transmigrasi. Dari jumlah tersebut terdapat 79 desa merupakan desa pesisir dan 88 desa merupakan desa non pesisir. Serta Kabupaten Donggala dan Poso merupakan salah satu kerajaan tertua sejak tahun 1616.

Dalam kunjungan kerja ini, Plt Bupati PPU juga didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten PPU Satriyani Sirajudin, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten PPU Sodikin, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ahmad Usman, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab PPU M. Daud dan Sekretaris Dinas Pertanian PPU Warsidi.

Rombongan diterima langsung oleh Bupati Donggala Kasman lassa, yang juga didampingi Ketua TP PKK Indotang Kasman Lassa, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan seluruh pimpinan perangkat daerah di ruang Kasiromu Donggala.

Kemeriahan penyambutan jajaran Pemda PPU sudah dimulai dari halaman depan Kantor Bupati Donggala dengan sejumlah atraksi tari seni bernuansa suku Kalli yang dirangkai dengan pemasangan ikat kepala bernama Siga di kepala Plt. Bupati dan selendang bernama Sampolu yang dipasang di kepala Ketua TP PKK Kabupaten PPU yang juga merupakan isteri Plt.Bupati PPU ini.

”Kami tidak menyangka dengan penyambutan yang dilakukan oleh jajaran Pemda Donggala hari ini. Atas nama Pemda PPU maupun pribadi kami sampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya, “ucap Hamdam. (Adv/diskominfo/red)

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *