PENAJAM,- Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam mendampingi langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan jajarannya meninjau sejumlah titik penting pembangunan Ibukota Negara (IKN) baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Rabu, (22/6) siang.

Salah satu titik yang menjadi lokasi peninjauan orang nomor satu di Indonesia ini adalah Persemaian Mentawir yang terletak di Kelurahan Mentawir, Kecamatan Sepaku.

Presiden Joko Widodo selanjutnya juga meninjau progres pembangunan bendungan yang berada di Desa Semoi II Kecamatan Sepaku.Kunjungan dilanjutkan menuju titik nol IKN dan lokasi pembangunan istana negara.

Kemudian sekitar pukul 17.00 Wita rombongan bertolak dari IKN menuju Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggunakan tiga unit helikopter.

Saat ditemui Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten PPU, Plt Bupati PPU, Hamdam mengatakan bahwa terkait kegiatan presiden khususnya peninjauan penyemaian di Mentawir itu Presiden Joko Widodo berharap progres perluasan kawasan persemaian yang ada dapat dipercepat pembangunannya sehingga segera dapat digunakan untuk memperbaharui kembali kerusakan-kerusakan hutan yang terjadi saat ini.

“Konsepnya IKN inikan nantinya adalah 30 persen adalah kota sementara 70 persen kawasan hutan, sehingga Bapak Presiden mengharapkan perluasan cakupan penyemaian ini sudah bisa dimulai dari sekarang, ” kata Hamdam.

Ditambahkan bahwa penyemaian yang ada tersebut sejauh ini baru bisa menyediakan 700 ribu bibit. Presiden berharap bahwa persemaian itu bisa memenuhi jumlah bibit dalam jumlah besar yaitu diangka15 juta bibit pohon.

“Kita di Kabupaten PPU juga berharap penyemaian ini bisa berkelanjutan, karena tentunya daerah pasti juga memerlukan itu untuk memperbaharui hutan-hutan kita yang memang kritis dan butuh pembaharuan, ” kata Hamdam.

Saat ditanya terkait kunjungan presiden ke lokasi pembangunan bendungan, Hamdam mengatakan bahwa presiden hanya memastikan progres pembangunan yang telah mencapai 60 persen itu telah berjalan dengan baik.

” Beliau hanya ingin memastikan saja bahwa bendungan yang rencananya untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di IKN tersebut berjalan dengan baik, ” jelas Hamdam.

Seperti diketahui dalam peninjauan progres pembangunan bendungan, Joko Widodo saat tiba di lokasi, langsung menyimak pemaparan panel dan maket bendungan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko.

Sambil menikmati es kelapa muda, Presiden pun melanjutkan diskusi dengan sejumlah pemimpin redaksi (pemred) media di sebuah gazebo. Es kelapa muda yang dinikmati Presiden dan rombongan pun menjadi penyegar di tengah teriknya cuaca di Bendungan Sepaku Semoi siang itu.

Dalam kunjungannya ini Joko Widodo juga didampingi oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani, Menteri PUPR, Basuki Hadi Muljono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) , Siti Nurbaya. Tampak hadir juga Gubenur Kaltim, Isran Noor, Kapolda Kaltim, Irjen Pol Imam Sugianto, Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso dan sejumlah pejabat pusat dan Provinsi Kaltim. (Adv/diakominfo/red)

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *