PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati PPU, Jumat (20/05/22). Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU Hamdam, bertindak sebagai pemimpin upacara yang digelar secara sederhana.

Tampak hadir Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Tohar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) PPU dan Kepala Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten PPU. Upacara ini juga diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah PPU.

Peringatan Harkitnas pada tahun ini mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama”. Karena, sebagai bentuk seruan agar Indonesia bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19.

Dalam upacara tersebut, selaku pemimpin upacara, Hamdam menyampaikan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Johnny G. Plate, yang mengajak peserta upacara untuk memaknai hari peringatan ini dengan memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional. Hari lahir perkumpulan Boedi Oetomo yang ditetapkan sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia menyiratkan peran Boedi Oetomo pasca kemerdekaan Indonesia.

“Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” ungkap Hamdam.

Ia juga menyampaikan, semangat Boedi Oetomo masih relevan dalam situasi Indonesia saat ini. “Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa,” terang Hamdam.

Sementara itu, lanjutnya, terkait penanganan COVID-19 di tingkat nasional semakin menunjukkan hasil yang positif dengan penurunan kasus dan capaian vaksinasi yang mencapai 79 persen. Hal ini berimplikasi pada aktivitas masyarakat yang berangsur normal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Momentum ini, tambahnya, harus diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” agar dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Di akhir sambutannya, ia juga mengajak untuk memaknai semangat pantang menyerah dr Sutomo sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.

“Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!,” pungkasnya. (Adv/diskominfo/red)

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *