PENAJAM – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam, menyerahkan secara simbolis 50 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kelurahan Sotek Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Kamis (19/05/22).

Program PTSL merupakan program pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak bagi semua objek pendaftaran tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa atau kelurahan atau yang setingkat.

Dalam sambutannya, Hamdam menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut membantu program PTSL ini, terkhusus kepada jajaran Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten PPU yang telah banyak membantu masyarakat dalam kepengurusan program sertifikat PTSL ini.

Bupati juga mengatakan dengan adanya sertifikat ini masyarakat sudah secara sah atas kepemilikan lahannya.

“Dengan adanya sertifikat ini, tanah bapak dan ibu sudah diakui secara defacto dan dejure oleh pemerintah,” ucapnya.

Hamdam berpesan kepada masyarakat untuk tetap membayar kewajiban Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), karena BPHTB ini turut membantu keabsahan sertifikat kepemilikan lahan mereka.Hamdan juga berharap kepada BPN untuk dapat membantu masyarakat jika ada kekurangan dalam kepengurusan, khususnya untuk mendapatkan hak mereka ini.

“Perjuangan untuk mendapatkan sertifikat ini tentunya sudah lama dinanti. Mudah-mudahan masyarakat yang lain segera menyusul dan kedepan tidak ada lagi tanah yang tidak diakui secara hukum, “ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Lurah Sotek Harianto melaporkan bahwa pada hari ini total sertifikat yang diserahkan kepada warga Sotek sebanyak 231 Sertifikat PTSL dan masih ada sekitar 1.074 sertifikat warga yang masih dalam proses kepengurusan.

Harianto juga menyampaikan, jika ada warga yang sertifikatnya sudah jadi tetapi masih belum membayar kewajiban BPHTB, tetap bisa mendapatkan sertifikat tersebut. Namun, status sertifikat tersebut masih berstatus terhutang dan belum bisa dijadikan sebagai agunan.

Koordinator Sub Pendaftaran Hak Tanah Benadita Widjayatnika mewakili Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten PPU juga menyampaikan kepada masyarakat yang menerima sertifikat untuk dapat menjaga dengan baik sertifikat ini.

“Semoga sertifikat ini dapat difungsikan oleh warga yang menerimanya untuk dapat dijadikan sebagai nilai tambah bagi warga setempat, “pungkasnya. (Adv/mad/red)

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *