PENAJAM – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau proyek pembangunan fasilitas pengolahan air bersih atau Water Treatment Plant (WTP) di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Direktur Perumda Air Minum Danum Taka PPU Abdul Rasyid mengatakan bahwa pembangunan WTP tersebut merupakan salah satu program percepatan agar masyarakat PPU khususnya di babulu segera dapat menerima air bersih.

Ia juga menargetkan estimasi penggunaan WTP tersebut pada Agustus 2022 mendatang dan paling lambat di targetkan akhir tahun warga babulu sudah bisa menerima aliran air bersih.

“Targetnya ini di bulan Agustus mendatang sudah bisa dioperasionalkan. Paling lambat di Oktober-November masyarakat babulu sudah bisa menikmati air bersih, ” ujarnya.

Rasyid juga mengatakan bahwa dari dua reservoar yang dibangun tersebut akan mampu mengakomodir di tiga desa yakni Desa Babulu Darat, Babulu laut dan Gunung Intan.

Ia juga menjelaskan untuk kapasitas WTP tersebut yakni 10 liter perdetik dan dapat mengakomodir 1.100 Sambungan Rumahtangga (SR).

“Desa Babulu laut 900 SR, Babulu darat 200 dan Gunung intang 200 SR. 10 liter perdetik ini mampu mengakomodir 1.100 rumah setara dengan 1000 rumah dan 100 nya itu cadangan, ” jelasnya.

“Untuk proses pemasangan pipa di Babulu darat sudah rampung, sedangkan di babulu laut masih dalam proses pengadaannya, sembari menunggu surat dari Kementerian PUPR untuk program hibahnya, ” pungkasnya. (Mad/red)

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *